728x90 AdSpace

T e r b a r u
Kamis, 31 Mei 2012

Perbedaan Facebook Profile, Group dan Fan Page

www.digitaltrends.com

Selain Profile Facebook, iaitu Facebook milik kita sendiri ternyata , di Facebook ada dua Jenis layanan lainnya yang disediakan oleh facebook dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing. Facebook Profile adalah Facebook yang kita pakai setiap kita facebookan, Facebook Profile berisi data data pribadi kita, berisi data data pribadi pengguna facebook, yang bisa digunakan sebagai media berniteraksi dengan pengguna facebook lainnya. Dua Layanan lainnya yang saya maksud adalah Group Facebook dan Fan Page Facebook atau Halaman Penggemar Facebook.



Fan page  facebook adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya. Beberapa orang ahli pun pasti memiliki pengertian fan page facebook sendiri sesuai dengan apa yang mereka pelajari. Apa manfaatnya untuk bisnis online? Manfaat Fan Page Facebook adalah untuk mengumpulkan prospek (fans) sebanyak-banyaknya dan kemudian kirimi pesan-pesan marketing untuk menghasilkan penjualan.  Dengan semakin banyaknya jumlah Fans / penggemar halaman / page facebook anda, maka akan semakin besar pula peluang anda mendapatkan uang.

Lalu apa manfaatnya fanpage facebook bagi yang tidak berbisnis online? Apabila anda seorang aktivis kampus atau anda adalah seorang yang senang berjejaring sosial, maka fan page facebook akan menjadi solusi bagi anda untuk berbagi, memberikan informasi dsb. Jika anda seorang guru, dosen, motivator, jurnalis atau bahkan anda seorang psikiater mungkin halaman fan page facebook akan sangat bermanfaat bagi anda untuk menjalankan berbagai kegiatan anda.

Berikut Perbedaan antara Facebook Page dan Facebook Groups

Facebook Page :

  • Diperuntukkan untuk “membuat profile” dari sesuatu. Profile produk, artist, public figure, bisnis, dll.
  • Tujuannya memang untuk promosi
  • Dapat menambahkan Facebook Application pada page
  • Pemilik / admin dari page tidak diperlihatkan
  • Status hubungan di page adalah fan. Artinya kedudukan page dan member seperti antara artist dan penggemar
  • Terdapat fitur untuk memonitor traffic page. Seperti wp-stats pada wordpress
  • Page dapat dipromosikan melalui facebook ads, dengan biaya tentunya
  •  Terdapat feed activity dari page
  • Untuk Membuat Facebook FanPage dapat membacanya disini 


Facebook Groups :

  • Diperuntukan sebagai “tempat berkumpul” user facebook dengan kesamaan minat tertentu. Tujuannya untuk gathering
  • Tidak bisa menambahkan application pada group karena group itu sendiri merupakan application
  • Pemilik / Admin page diperlihatkan
  • Status hubungan di groups adalah member. Anda menjadi “bagian” dari komunitas groups
  • Tidak ada fitur untuk memonitor traffic groups
  • Tidak dapat dipromosikan melalui facebook ads
  • Setiap member group dapat mempost kan item di “posted items”


Sementara itu, ada juga kesamaan antara facebook page dan facebook groups :

  • Keduanya memiliki fitur Discussion Board
  • Keduanya memiliki fitur Wall
  • Keduanya memiliki fitur Photo & Video
  • Bagaimana Menurut Anda?